MOUSE


Pengertian Mouse

 Ketika kita mengoperasikan perangkat komputer, device yang satu ini tidak pernah absen karena merupakan bagian penting untuk menunjang pengoperasian komputer secara keseluruhan.

Ya. Perangkat ini adalah mouse. Mouse ini sangat berguna ketika kita mengoperasikan komputer kita karena fungsi utama mouse yang merupakan alat penunjuk (pointing device).

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.


Sejarah Mouse

Mouse sendiri telah melalui perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu dari segi bentuknya, device ini memilki bentuk yang monoton. Namun kini jika kita berburu di toko komputer baik online maupun di toko komputer, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk mouse.

Sekitar 10 tahun lalu bentuk mouse ini masih standar. Masih sangat jarang sekali kita temui mouse gaming saat itu. Akan tetapi kini mouse standar pun banyak yang memiliki bentuk layaknya mouse

A. Apa itu keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel. Baca juga tentang: Pengertian Komputer dan sejarah perkembangan komputer.



                                               https://www.youtube.com/watch?v=ljtrFGv_FWk


Kesimpulan.

Keyboard adalah perangkat input yang penting dalam komputasi modern. Seiring perkembangan teknologi, berbagai jenis keyboard telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan beragam pengguna. Keyboard adalah alat yang tidak hanya digunakan untuk mengetik teks, tetapi juga untuk mengendalikan berbagai fungsi komputer dan aplikas



Pengertian keyboard dan jenis-jenisnya maupun fungsinya pada komputer – Mungkin di jaman yang serba modern ini kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, karena bagi yang sering menggunakan komputer pasti akan menggunakan benda ini. Oke… pembahasan ini dibuat bagi kamu yang ingin mengetahui definisi, jenis-jenis dan fungsi dari keyboard, berikut ini pembahasannya

Susunan tombol pada keyboard 

Tata letak pada keyboard ini ditemukan pada tahun 1878. Lalu keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf yang berurutan pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard tersebut.

                


    Flashdisk atau USB flash drive adalah perangkat penyimpanan data portabel yang umum digunakan  untuk menyimpan, mentransfer, dan mengakses data. Beberapa kegunaan flashdisk meliputi:Penyimpanan Data: Flashdisk digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data seperti dokumen, foto, video, musik, dan lainnya.Transfer Data: Anda dapat mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dengan cepat menggunakan flashdisk.Backup Data: Flashdisk dapat digunakan sebagai perangkat cadangan untuk menyimpan salinan data penting.Instalasi Sistem Operasi: Flashdisk juga dapat digunakan untuk menginstal atau memulihkan sistem operasi pada komputer.Portable Apps: Anda dapat menyimpan aplikasi portabel di flashdisk untuk digunakan di berbagai komputer tanpa menginstalnya.Bootable Drive: Flashdisk dapat dijadikan drive "bootable" untuk memulai sistem operasi atau alat pemulihan.Presentasi: Anda dapat menyimpan presentasi atau materi kuliah di flashdisk untuk memproyeksikan informasi pada layar besar.Transportasi File Besar: Flashdisk memungkinkan Anda untuk membawa file besar secara mudah tanpa perlu mengandalkan koneksi internet.Keamanan: Beberapa flashdisk dilengkapi dengan fitur keamanan seperti enkripsi data untuk melindungi informasi penting. Kegunaan flashdisk tergantung pada kebutuhan Anda, dan itu adalah alat yang serbaguna untuk penggunaan sehari-hari.





                                    https://www.youtube.com/watch?v=JQaLySQfIlM


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT AUT PUT KOMPUTER